Dec 4, 2012

dapur sehat

source
selamat datang di blog tupperware murahh. sengaja pakai h dua kali di kata 'murah' biar agak gimana gitu bacanya, hehehe... yakin dan percaya deh kalau saya memberikan gratis ongkos kirim ke seluruh indonesia. jadi, jangan ragu-ragu untuk melakukan pemesanan.

blog ini bukan hanya sekadar menampilkan produk tupperware saja, tapi juga akan memberikan tips-tips seputar dapur. selain itu, saya juga akan memposting resep-resep masakan yang praktis dan menyehatkan. untuk kali ini, saya akan memposting tips merawat dapur agar tetap rapi, sehat, dan segar. selamat membaca :)



Bukan Ukuran Tapi Fungsi
Anda pernah berpikir ukuran dapur terlalu kecil? Silakan amati sekali lagi, bisa jadi dapur Anda hanya memerlukan penataan ulang agar bisa berfungsi lebih maksimal, sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Misalnya, Anda dan keluarga senang meluangkan waktu sarapan pagi di dapur, bisa saja Anda memilih furnitur yang terkesan ringan dan mudah dipindah-pindahkan bila perlu. Selain itu, pilihlah perangkat dapur atau peralatan masak yang memang sesuai dengan kebutuhan. Bila keluarga Anda hanya terdiri dari empat orang, tak ada alasan untuk membeli penanak nasi elektronik ukuran paling besar, atau microwave berukuran besar.

Yang Digunakan Secara Rutin Harus Terlihat
Banyak yang beranggapan menyimpan semua perangkat masak atau makan di dalam lemari tertutup adalah cara agar dapur senantiasa nampak rapi dan bersih. Hal ini sebetulnya relatif. Bila Anda gemar memasak atau menjamu tamu, sebetulnya akan lebih praktis bila sebagian dari peralatan masak yang diperlukan justru diletakkan atau digantung di tempat yang terlihat dan mudah terjangkau.

Mengurangi/Menghilangkan Beragam Tumpukan 
Beragam benda yang bertumpuk-tumpuk, seperti lap pembersih/lap dapur atau bendabenda berbeda fungsi yang ditumpuk menjadi satu, kerap menimbulkan kesan berantakan. Karena itu, pastikan beragam perangkat dapur/peralatan makan Anda tersusun berdasarkan fungsi dan ukurannya. Juga, simpan perangkat/peralatan yang jarang diperlukan. Bahkan, buang yang tidak perlu.

Tempat Sampah Bertutup
Kini tersedia beragam tempat sampah yang bisa membantu Anda menjaga kebersihan dapur. Sebagian dari tempat sampah bahkan sudah memilah sampah basah dan kering. Pastikan Anda memiliki setidaknya satu tempat sampah bertutup di dapur Anda. Untuk menghindari bau tak sedap, pastikan juga agar tempat sampah di dapur Anda terjaga kebersihannya.

Tanaman Hidup: Mempercantik, Menyehatkan 
Meletakkan pot tanaman hidup di dapur adalah hal yang sangat dianjurkan. Selain mempercantik, tanaman hidup juga bisa meningkatkan kualitas aliran udara di dapur Anda. Sejumlah tanaman yang mudah dirawat dan tidak mahal bisa Anda peroleh di tempattempat penjualan tanaman. Bahkan bila Anda termasuk yang menyenangi masakan yang menggunakan dedaunan, sejumlah sayuran seperti daun selada atau daundaun herbal seperti kemangi dan oregano juga bisa dijadikan pilihan sebagai tanaman hidup yang menghiasi dapur Anda. Akhir kata, di tahun 2012 ini tak ada salahnya Anda meningkatkan kualitas hidup bersama keluarga dengan memulai dari apa yang ada di sekitar lingkungan kita, serta ikut menjaga lingkungan dan kebersihan di manapun juga, dimulai dari hunian kebanggaan Anda sekeluarga. Salam hangat!
Sumber : Tuppernews

No comments: